Sosialisasi GSI-B Tentang Pola Hidup Sehat

  • 12 Desember 2019
  • Dibaca: 140 Pengunjung
Sosialisasi GSI-B Tentang Pola Hidup Sehat

Dalam upaya meningkatkan fungsi dari Posyandu, kegiatan ini diprakarsai oleh Puskesmas Abiansemal II, kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (12-12-2019) bertempat di Aula Kantor Desa Jagapati.

Posyandu merupakan wadah yang dapat digunakan untuk upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan baik gizi, kesehatan ibu dan anak, Pola hidup bersih sehat, imunisasi dan sebagainya. Lewat model penimbangan dan pemantauan gizi tiap bulan juga dapat dijadikan sebagai alat surveilans gizi yang tujuan akhirnya adalah upaya pencegahan dan penanggulangan masalah gizi balita. Jika pelaksanaan Posyandu baik maka target pragram akan terpenuhi, akan tetapi jika pelaksanaan posyandu kurang lancar maka target tidak akan bisa terpenuhi.

Maksud dan Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat serta memberikan arahan kepada peserta yang nantinya dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat pada kesempatan kegiatan posyandu.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan peran Posyandu sebagai ujung tombak pemantauan status gizi di masyarakat dapat lebih optimal. Hasil dari kegiatan ini meningkatkan kemampuan kader dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan metode ang lebih menarik sehingga meningkatkan kepercayaan diri kader untuk bisa berbagi kepada masyarakat tentang kesehatan. Pelatihan ini meluas karena juga diberikan kepada kader posyandu lansia dan juga posbindu. 

  • 12 Desember 2019
  • Dibaca: 140 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita